Layanan Free Blog Lokal (Indonesia)

Kita pasti sudah mengenal berbagai penyedia blog Internasional yang terkemuka. Yang sudah tidak asing lagi contohnya seperti Blogspot atau blogger.com, Wordpress.com, Blogsome.com, ataupun Blogdrive.com.
Tapi belakangan ini mulai bermunculan layanan-layanan penyedia fasilitas blog yang berasal dari anak negeri, Indonesia.
Fasilitas dan kemudahannya pun tidak kalah dengan layanan Internasional. Software yang dipakai sama dengan yang ada di Wordpress.com , jadi tentu sudah tidak akan merasa asing lagi.
Hanya memang kapasitas penyimpanan filenya tidak (atau belum) sebesar layanan seperti Blogger.com atau Wordpress.com. Tapi kalau hanya untuk nge-blog biasa saja saya rasa sudah cukup.

Tentu dengan banyaknya layanan baru yang muncul, diharapkan pertumbuhan blogger di Indonesia semakin pesat.

Layanan-layanan penyedia blog dari Indonesia, antara lain:

1. BlogDetik.com
Ya, sesuai namanya, layanan ini memang dibuat oleh salah satu situs berita terbesar di Indonesia, detik.com. Total space saat ini: 25MB, dengan fitur standar.
Nama URL-nya nanti menjadi username.blogdetik.com

2. DagDigDug.com
Layanan ini baru di-launching 1 Februari 2008 lalu. Salah satu pendirinya adalah blogger yang sudah tidak asing lagi, Paman Tyo.
Selain fitur standar, fitur yang ditawarkan adalah kapasitas sebesar 50MB, fasilitas untuk membuat polling, dan statistik.
Nama URL-nya nanti menjadi username.dagdigdug.com

3. Oggix.org
Oggix.com yang sudah terkenal dengan layanan shoutboxnya itu kini juga mengeluarkan layanan barunya berupa layanan blog dengan alamat di Oggix.org.
Meski menggunakan software seperti wordpress.com juga, tapi tampilan dashboardnya sudah dimodifikasi dan jauh berbeda.
Kapasitas yang ditawarkan saat ini hanya sebesar 10MB, tapi kata pemiliknya layanannya nanti akan diintegrasikan dengan layanan Oggix [link].
Nama URL-nya nanti menjadi username.oggix.org

0 comments: